Langsung ke konten utama

Konsep manajemen Perubahan pada kebidanan


Konsep Manajemen Perubahan
Manajemen Perubahan adalah upaya yang di lakukan untuk mengelola akibat-akibat yang Akan ditimbulkan karena terjadinya Perubahan dalam organisasi. Perubahan dapat terjadi karena sebab-sebab yang berasal dari dalam maupun dari luar organisasi tersebut.
Manfaat perubahan: Bagi kelangsungan hidup suatu organisasi, tanpa adanya perubahan maka dapat dipastikan bahwa usia organisasi tidak akan bertahan lama. Perubahan bertujuan agar organisasi tidak statis melainkan tetap dinamis dalam menghadapi perkembangan zaman, kemajuan teknologi, & di bidang pelayanan kesehatan adalah peningkatan kesadaran pasien akan pelayanan yang berkualitas.
Tipe-tipe perubahan :
            Perubahan terdiri dari 3 tipe berbeda, dimana setiap tipe memerlukan strategi manajemen perubahan yang berbeda pula. Tiga macam perubahan tersebut adalah:
a.       Perubahan rutin, dimana telah direncanakan dan dibangun melalui proses organisasi;
b.      Perubahan peningkatan, yang mencakup keuntungan atau nilai yang telah dicapai organisasi;
c.       Perubahan inovatif yang mencakup cara bagaimana orgnisasi memberikan pelanyanannya.

Langkah-langkah Manajemen Perubahan
1.      Identifikasi Tipe Perubahan
Ketika anda harus memanaj perubahan, pertama-tama perlu mengidentifikasi tipe perubahan tersebut.
Contoh: anda sebagai kepala ruangan kebidanan/ bidan coordinator memperkenalkan standar baru tentang kerja keras.
2.      Identifikasi Tujuan Perubahan
·         Tugas kedua adalah mengidentifikasi tujuan-tujuan perubahan. Kemudian merencanakan tujuan-tujuan tersebut secara jelas dan memberikan batasan antara waktu dengan perubahan mana yang dapat diterima.

Tahap-tahap Manajemen Perubahan
1.      Tahap 1, yang merupakan tahap identifikasi perubahan, diharapkan seseorang dapat mengenal perubahan apa yang akan dilakukan/ terjadi. Dalam tahap ini seseorang atau kelompok dapat mengenal kebutuhan perubahan dan mengidentifikasi tipe perubahan.
2.      Tahap 2, adalah tahap perencanaan perubahan. Pada tahap ini harus dianalisis mengenai diagnostik situasional teknik, pemilihan strategi umum, dan pemilihan. Dalam proses ini perlu dipertimbangkan adanya faktor pendukung sehingga perubahan  dapat terjadi dengan baik
3.      Tahap 3, merupakan tahap implementasi perubahan dimana terjadi proses pencairan, perubahan dan pembekuan yang diharapkan. Apabila suatu perubahan sedang terjadi kemungkinan timbul masalah. Untuk itu perlu dilakukan monitoring perubahan.
4.      Tahap 4, adalah tahap evaluasi dan umpan balik. Untuk melakukan evaluasi diperlukan data, oleh karena itu dalam tahap ini dilakukan pengumpulan data dan evaluasi data tersebut. Hasil evaluasi ini dapat di umpan balik kepada tahap 1 sehingga memberi dampak pada perubahan yang di ingginkan berikutnya.
Suatu perubahan melibatkan perasaan, aksi, perilaku, sikap, nilai-nilai dari orang yang terlibat dan tipe gaya manajemen yang dibutuhkan. Jika perubahan melibatkan sebagian besar terhadap perilaku dan sikap mereka, maka akan lebih sulit merubahnya dan membutuhkan waktu yang lama.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Leaflet Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Pada Ibu Hamil

Leaflet Tanda Bahaya Pada Ibu Hamil

Persiapan untuk memperoleh hasil yang baik diperlukan ketekunan dan kerja keras.

NURUL HARAMAIN NW NARMADA

HARAMAIN,,,,       nama di atas yang memang sudah lumrah di kenal oleh warga NTB,,, haramain...adalah sekolah dan disertakan dengan asrama dan juga fasilitas yang lengkap,, seperti ruang MULTIMEDIA,leb BAHASA,leb IPA,, dan banyak lagi yang dapat kita temukan berbagai aktifitas,,santriwan dan santriwati di sana sangat menikmati berbagai berbagai kegiatn tersebut,,,dan juga belajar dalam kepanitian,,, di sana kita belajar menjadi panitia karna semua guru,,maupun santri peduli terhadap masa depan yang akan datang karna kita tau bahwa kita pasti akan terjun ke masyarakat juga,, haramin song oh pondokku tempat naung kita dari kecil sehingga dewasa  rasa batin damai dan sentosa di lindungi allah ta'ala oh pondokku engkau berjasa  pada ibuku indonesia  tiap pagi dan petang kita berjamaah sholat  mengabdi pada allah ta'ala di dalam kalbu kita wahai pondok tempatku  laksana ibu kandungku nan kasih serta sayang padaku  oh pondokku i....bu...